Menyongsong Akhir Dunia

Menyongsong Akhir Dunia

Tak diragukan lagi, masa sekarang adalah zaman yang sangat dekat dengan hari kiamat.Sedekat jari telunjuk sengan jari tengah. Mari buka mata, melihat realita di sekeliling. Satu-persatu tanda Hari kiamat telah terjadi.Mulai dari modernisasi kota Makkah sehingga bangunan-bangunannya semakin mencakar langit. Adanya kelompok yang melaknat atau menggugat para ulama salaf. Banyak orang yang mengalami obesitas atau kegemukan. Perbuatan tidak senonoh malah menjadi trend an dilakukan didepan umum.

Bahkan di masjid sekalipun tanda itu kita temukan. Cobalah pergi ke masjid tertentu dan lihatlah para jamaah saling tunjuk-menunjuk untuk menentukan imam. Setiap orang merasa tidak lebih baik dari orang lain, karena ketidaktahuannya tentang hukum agama dan tidak fasih bacaan al-Qur’annya. Hal-hal tersebut diatas hanyalah sedikit dari sekian puluh tanda hari kiamat. Bahkan ada yang merangkun hingga 131 tanda.

Setelah menyadari indikasi tersebut sebagian orang merasa cemas. Lalu berusaha memperbaiki fenomena tersebut dengan harapan dapat mengundur hari pembalasan itu terjadi. Padahal, kiamat tak deperti penyakit, jika indikasi-indikasinya ditangani secara cepat, penyakit akan hilang atau berhasil ditunda. Kiamat pasti terjadi, tanggalnya sudah ditetapkan dan tidak ada perubahan jadwal.

Ada banyak manfaat kita mempelajari yaumul akhir atau hari kiamat. Pertama, menguatkan keimanan tentang hal-hal yang ghaib (Qs. Al-Baqarah:3). Berita atau prediksi yang dikabarkan dengan banyaknya ‘Ramalan’ tersebut yang terjadi. Hal itu dikarenakan berita yang dikabarkan beliau adalah wahyu yang bersumber dari ALLAH swt.

Keduan, meluruskan pemahaman tentang syubhat seputar tangda hari kiamat. Banyak sekali hadits-hadits dhaif dang dongeng-dongeng buatan yang terselip diantara riwayat yang shahih. Kadang oramg tak dapat membedakan antara riwayat yang shahih dengan cerita israiliyyat atau cerita palsu. Belum lago banyak syubhat baru seperti penetapan hari kiamat pada tahun tertentu. Pastinya kita belum kupa isu kiamay 2012. Konon, ada orang yang depresi hingga bunuh diri karena takut jika hari kiaman benar-benar terjadi di tahun itu. Padahar, mitos tersebut hanyalah rekayasa film yang didasarkan ramalan suku primitif. Dan, masih banyak syubhat lain tentang dajjal dan Imam Mahdi yang perlu disingkap kebenarannya.

Ketiga, mengenal tanda-tanda hari kiamat dapat menjadi motifasi untuk meningkatkan ketaqwaan kepada ALLAH swt. Sebab, tak ada yang dapat manusia lakukan selain mempersiapkan diri menghadapi hari berakhirnya dunia. Bekal terbaik yang bias diandalkan amal shalih dan kaimanan kepada ALLAH swt. Sebab,batas akhir keimanan adalah saat matahari terbit dari barat. Kala, itu semua manusia menjadi beriman. Namun, keimanan itu tidak diakui karena sudah sangan terlambat. Selagi itu belum terjadi mari mempersiapkan diri

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: